KEPRIBADIAN, KONSEP DIRI, GAYA HIDUP, DAN PSIKOGRAFI

Dalam persaingan yang semakin ketat, pemahaman akan kepribadian, konsep diri, gaya hidup serta faktor psikografis dari konsumen merupakan salah satu cara memenangkan hati konsumen karena pendekatan yang dilakukan telah sesuai dengan karakteristik konsumen

A. KEPRIBADIAN

Beberapa definisi kepribadian menurut pakar adalah sebagai berikut :

We propose that personality be defined as those inner psychological characteristics that both determine and reflect how a person responds to his or her environment (Schiffman dan Kanuk, 2004).

Personality has many meanings. In consumer studies, personality is defined as consistent responses to environtmental stimuli (Engel, Blackwell, dan Miniard, 1995).

Kita dapat melihat bahwa konsep kepribadian (personality) dibahas secara teoritis oleh para pakar melalui berbagai sudut pandang yang beraneka ragam, diantaranya menekankan pembahasan kepribadian pada pengaruh sosial dan lingkungan terhadap pembentukan kepribadian secara kontinu dari waktu ke waktu, serta menekankan pada pengaruh faktor keturunan dan pengalaman di awal masa kecil terhadap pembentukan kepribadian.

Tiga karakteristik yang perlu dibahas dalam pembahasan mengenai kepribadian adalah :

1. Kepribadian mencerminkan perbedaan antar individu

Kepribadian menunjukkan karakteristik terdalam pada diri manusia Ia merupakan gabungan banyak faktor yang unik dari seorang manusia. Tidak ada manusia yang sama persis. Jika perilaku seseorang telah bisa menggambarkan perbedaan dengan orang lain, maka ia telah memiliki kepribadian yg berbeda dgn orang tersebut.

2. Kepribadian bersifat konsisten dan berkelanjutan

Kepribadian individu telah terbentuk sejak masa kecil, dan telah mempengaruhi perilaku individu tersebut secara konsisten dalam waktu yg relatif lama. Kepribadian cenderung bersifat permanen dan sulit berubah

untuk melanjutkan klik halaman 2

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di perilaku konsumen dan tag , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke KEPRIBADIAN, KONSEP DIRI, GAYA HIDUP, DAN PSIKOGRAFI

  1. Ping balik: PERTEMUAN 7 (TUGAS | yusronamri1993

  2. galih ramadhan berkata:

    terimakasih , sangat membantu 🙂

    Suka

Tinggalkan komentar