Schiffman & Kanuk (2000):
Motivasi digambarkan sebagai kekuatan yang mendorong individu untuk bertindak. Dorongan ini dihasilkan dari sebuah tekanan yang muncul akibat kebutuhan yang tidak terpenuhi.
Solomon (1999) :
Motivasi adalah proses yang menyebabkan seseorang berbuat seperti yang ia lakukan. Ini terjadi ketika ia mengharapkan kepuasan. Ketika kebutuhan telah tercapai akan mendorong konsumen untuk mengurangi akan kebutuhan tersebut
American encyclopedia :
Motivasi adalah kecenderungan dalam diri seseorang yang membangkitkan tindakan. Motivasi meliputi factor kebutuhan biologis dan emosional yang hanya dapat diduga dari pengamatan tingkah laku manusia.
Dari beberapa definisi ini dapat motivasi dapat dimaknai sebagai : pemberi daya penggerak yang menciptakan kegairahan seseorang agar mereka mau bekerjasama, bekerja efektif, dan terintegrasi dengan segala upayanya untuk mencapai kepuasan
Model Motivasi dapat digambarkan sebagai berikut :
Penjelasan Gambar :
Kebutuhan merupakan suatu keadaan internal yang menyebabkan hasil-hasil tertentu tampak menarik yang muncul ketika ada ketidakcocokan yang memadai antara keadaan aktual dengan keadaan yang diinginkan. Pengenalan kebutuhan akan menyebabkan tekanan (tension) kepada konsumen sehingga ada dorongan (drive state) untuk melakukan tindakan yang bertujuan (goal directed behavior).
Perilaku dibangkitkan dan digerakkan karena adanya kebutuhan yang belum terpenuhi dan tujuan yang ingin dicapai artinya jika kebutuhan akibat kekurangan muncul, maka individu lebih peka terhadap usaha motivasi para konsumen
Kebutuhan bisa muncul dari diri konsumnen (contoh lapar, haus), tapi dapat muncul karena rangsangan dari luar konsumen (contoh adanya iklan, aroma makanan dll)
Dinamika proses motivasi
Motivasi memiliki pola prioritas atau pola mekanisme struktur. Beberapa teori motivasi yang banyak digunakan antara lain adalah sebagai berikut :
Teori Maslow : Manusia berusaha memenuhi kebutuhan tingkat rendahnya terlebih dahulu sebelum memenuhi kebutuhan yang lebih tinggi. Konsumen yang telah bisa memenuhi kebutuhan yang dasarnya maka kebutuhan yang lebih tinggi akan muncul dan seterusnya
Hierarki kebutuhan Maslow dapat dimanfaatkan untuk melakukan citra produk yang ingin dilihat konsumen.
Teori Dr Davids Mc Cleland :
Ada beberapa kebutuhan dasar yang memotivasi individu berperilaku yaitu
1. Achievement motivation : mengatasi/ mengalahkan tantangan
2. Affilition motivation : dorongan untuk melakukan hubungan dengan orang lain
3. Competence motivation : dorongan untuk melakukan pekerjaan bermutu
4. Power motivation : dorongan yang dapat mengendalikan suatu keadaan
untuk melanjutkan klik halaman 2